Bisnis Online
Munculnya bisnis online merupakan hal yang baru untuk mendapatkan keuntungan secara praktis, mudah dan tidak ribet. Bisnis Online adalah Bisnis yang dijalankan melalui Internet. Siapapun bisa menjalankan bisnis online asalkan punya koneksi internet yang memadai. Internet telah digunakan oleh ratusan juta orang tiap harinya dari berbagai belahan dunia. Ini adalah pasar yang terbuka, tanpa birokrasi berbelit-belit dan murah. Kita bisa melakukan perdagangan kesemua negara contohnya Malaysia tanpa harus buka toko di sana. Kita bisa Kenalkan kerajinan daerah ke Amerika tanpa perlu terbang ke sana. Dunia hanya dalam genggaman mouse saja.
Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Bisnis online untuk kita diantaranya:
- Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja
- Bisa dimulai dengan modal awal yang cukup kecil
- Bisnis lokal dengan potensi Internasional
- Kemampuan yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang anda
- Potensi penghasilan sangat besar
- Bisa dijalankan secara otomatis
- Tidak ada pajak, pungutan dan pajak penghasilan
- Bisa bekerja secara bebas tidak mengenal waktu dan tidak ada yang mengawasi selama barang yang diperjualbelikan-belikan memenuhi standar keamanan disetiap Negara.
Metode yang bisa diterapkan untuk bisnis online
- Berikan produk dan layanan. yang pertama. Untuk menarik minat penyebar pesan, anda bisa memberikan produk dan layanan gratis. Seperti layanan email gratis, produk informasi gratis, software gratis,Promosi gratis dan lainnya. Mengapa memberikan secara gratis? Karena pada dasarnya semua orang suka hal yang gratis, walaupun yang anda berikan sebenarnya tidak besar nilainya. Jadi pertama dalam metode ini, berikan sesuatu terlebih dahulu, baru anda bisa menjual sesuatu!
- Proses transfer informasi yang mudah. Virus sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Nah, anda harus menemukan media apa yang memudahkan virus ini berkembang biak? Transfer informasi bisa berjalan mudah jika media yang anda gunakan juga mudah digerakkan. Misal, lewat email, situs web, software, dan lainnya. jadi, sebarkan informasi produk anda lewat media-media tadi. Agar orang lain juga tinggal copy atau forward saat ingin menular kan informasi yang mereka terima. Semakin mudah cara penyebaran bisa dilakukan, maka semakin cepat pesan pemasaran anda menyebar.
- Gali dan bangkitkan motivasi semua orang. metode yang sukses biasanya mengambil keuntungan dari motivasi yang dimiliki manusia. Apa saja motivasi yang dimiliki manusia? Menjadi terkenal dan mendapatkan uang merupakan dua di antara sekian banyak motivasi manusia. jadi, buatlah desain strategi pemasaran yang bisa membangkitkan motivasi orang banyak. Misal, buat sistem kompetisi untuk para marketer anda. Mereka yang paling banyak melakukan penyebaran informasi secara cepat menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah!
- Gunakan jaringan hubungan yang ada. Manusia adalah makhluk sosial. Ada yang mengatakan setiap orang sedikitnya terhubung dengan 10 orang. Bisa hubungan pertemanan atau keluarga. Bahkan ada yang punya jaringan sampai ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Banyak tidaknya jaringan yang dimiliki itu tergantung pengaruh dan reputasi orang tersebut. Nah, dalam metode ini, anda bisa manfaatkan jaringan orang-orang tersebut untuk menyebarluaskan pesan marketing anda.
- Manfaatkan sumber daya orang lain. Tak harus segalanya anda sediakan sendiri. Anda bisa manfaatkan sumber daya milik orang lain untuk membesarkan bisnis anda. Contoh, dalam affiliate program, orang akan dengan suka rela meletakkan teks atau grafis link tentang situs web anda. Anda bisa juga manual artikel yang boleh dipasangkan disitus wab atau blog orang dengan tetap menyantumkan URL anda. Prinsipnya, semakin banyak orang yang menaruh link anda di situs web mereka, semakin banyak jaringan yang anda buka. Berarti pula semakin besar kemungkinan link anda diklik pengunjung. Dan semakin besar peluang produk anda laku di pasaran.
Perkembangan Bisnis Saat ini
Perkembangan bisnis dunia tergantung pada pertumbuhan ekonomi dunia . Pertumbuhan ekonomi dunia diramalkan anak naik tajam di tahun 2010 menjadi 3,1 persen dibanding tahun 2009 yang hanya -1,1 persen berdasarkan proyeksi terakhir Internasional Monetary Fund (IMF). Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Faisal Basri dalam jumpa pers “Prospek dan Tantangan Ekonomi 2010 di Menara Kadin, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (12/1/2010).
“Tak satupun negara pertumbuhannya minus. Bahkan ekspansi pertumbuhan akan lebih tinggi dari krisis 2008. Jika masih rendah dari 2008, tandanya masih recovery krisis seperti Amerika,” ujar Faisal Basri.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi di triwulan ketiga 2009, sejumlah negara utama di belahan dunia telah menunjukkan pemulihan ekonomi yang berarti. Di Asia Tengara misalnya, pertumbuhan Ekonomi Singapura naik dua digit menjadi 14,2 persen pada triwulan ketiga 2009.
Melihat kondisi demikian maka diramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi di ASEAN pada 2010 akan meningkat menjadi 4 persen dari 0,7 persen menurut IMF.
Analisa desain web , content, pengunjung
- pengertian desain web yaitu desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi Internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika. Definisi yang ditawarkan memisahkan desain web dari pemrograman web, menekankan fitur fungsional dari sebuah situs web, serta desain posisi web sebagai semacam desain grafis. tujuan desain wabdalah untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman Web. Seperti unsur-unsur teks, gambar (gif, jpeg) untuk ditempatkan pada halaman menggunakan HTML / XHTML / tag XML. Menampilkan media yang lebih kompleks (vektor grafis, animasi, video, suara) membutuhkan plug-in seperti Adobe Flash, QuickTime, Java run-time dan lain-lain. Plug-in juga dimasukkan ke dalam halaman web dengan menggunakan HTML / tag XHTML.
- Konten Web hendaknya dapat dibaca (nantinya menjadi mudah dimengerti) oleh pengguna dan alat bantu teknologi. Pengguna bisa terdiri dari orang dengan pelbagai disfungsi/gangguan/hendaya panca indera. Alat bantu teknologi yang dimaksud di sini adalah peram ban berbasis grafis, teks, dan screen reader.
- Dalam bisnis online jumlah pengunjung merupakan patokan utama berkembangnya bisnis ini, karena dengan bertambahnya jumlah pengunjung maka produk-produk yg ditawarkan akan lebih dikenal oleh masyarakat. Kita juga perlu menyertakan jumlah pengunjung di halaman depan, karena banyaknya total pengunjung dapat menarik minat pengunjung lain.
Metode Pengembangan Bisnis Online
Pada awalnya, home based business memang tidak membutuhkan karyawan, persediaan, sewa menyewa dll dan cukup menguntungkan. Namun begitu bisnis berkembang pesat, maka si pemilik usaha tersebut akan terjebak oleh kesibukan yang sangat menyita waktu, uang dan tenaga. Untungnya, ada beberapa cara untuk membuat Home Based Business berkembang tanpa mengurangi keuntungan bisnis dan ketentraman. Berikut ini adalah 10 langkah untuk mengembangkan Home Based Business :
1. Fokus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun seringkali fokus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.
2. Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang dari produk yang relevan untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi pembeli retail yang ber tipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih satu lini.
3. Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Contoh : Beli satu dapat dua, kartu discount kunjungan. Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.
4. Mulailah untuk mempekerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independen, pegawai lepasan (freelancer) atau pun keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.
5. Membuat web site untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak perlu lagi membuka toko untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk spesial: buku - buku langka dan barang - barang koleksi, Toko online akan membawa kamu untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya usd30 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting Website di server dia, menyediakan beberapa alamat email.
6. Join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu teknik marketing yang termurah dan termudah.
7. Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja, mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu - ibu pekerja, mungkin anda juga bisa menjual produk yang bisa di pakai di rumah dengan beberapa modifikasi. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual kue - kue kecil dan ringan, dapat menghubungi perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga yang anda tetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.
8. Carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis anda melalui Email Newsletter atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan lain-lain.
9. Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti menyewa Temporary Office dll.
10. Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.
Analisis SWOT Bisnis Online
S – STRENGTH
- Respon yang didapat dari konsumen mengenai barang atau segala macam yang berhubungan dengan usaha ini bisa diterima dengan sangat cepat tanpa melalui pihak-pihak seperti atasan dll.
- Online shop dinilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.
- Bisnis online shop adalah bisnis yang sedang marak dan menjanjikan.
- Modal yang dibutuhkan relatif kecil.
- Karena minimnya pengeluaran, barang online shop menjadi lebih murah dari barang yang dijual secara konvensional.
- Lebih dekat dengan pelanggan.
- Pilihan produk lebih banyak karena biasanya memakai sistem pre order.
- Pasar yang tidak terbatas, bisa di jangkau siapa saja.
- Transaksi bisa dilakukan dengan muda dan dalam waktu 24 jam
- Sistem pengiriman produk yang Professional seperti JNE, TIKI, WAHANA, dll.
- Time saving.
W – WEAKNESS
- Penipuan mudah sekali terjadi dalam online shop.
- Hanya bisa menjangkau kota dan masyarakat yang memiliki akses internet.
- Saingan sangat banyak.
- Belum adanya undang-undang yang mengatur tentang internet marketing sehingga apabila ada masalah tidak bisa menuntut.
- Meskipun Professional, jasa pengiriman masih sering membuat kesalahan.
- Banyak masyarakat yang belum sepenuhnya percaya dengan online shop.
- Proses pengiriman memakan waktu terutama semakin maraknya online shop saat ini.
- Sering adanya ketidakpuasan dari pelanggan.
- Mahal nya biaya kirim.
- Masyarakat sering sekali ragu akan kualitas barang kami.
- Promosi yang terbatas, mahal, dan sering sekali diacuhkan.
O – OPPORTUNITY
- Tren yang selalu berganti membuat online shop lebih mudah beradaptasi karena online shop lebih fleksibel.
- Teknologi yang selalu baru membuat online shop juga akan terus berkembang.
- Ekspansi bisnis yang sangat global.
- Selalu tersedia setiap hari ( 24 jam dan 7 hari)
- Perkembangan bisnis yang cepat dan cakupan nya luas.
- Promosi yang bisa dilakukan kapan saja membuat online shop kami akan terus dilihat oleh pelanggan.
- Banyaknya masyarakat yang gila belanja terutama belanja online menjadi salah satu kesempatan besar kami.
- Barang yang bagus dan murah membuat online shop semakin ramai. (amin)
T – THREATEN
- Pesaing yang sangat banyak.
- Perubahan lingkungan pasar.
- Inovasi produk yang harus selalu dilakukan.
- Tidak adanya privasi karena data - data pelanggan akan diketahui untuk keperluan pengiriman.
- Banyak mindset yang tetap menganggap belanja online sangat berisiko.
- Penipu dimana-mana.
No comments:
Post a Comment